Batasan Pembelian Listrik Prabayar

 

Pemakaian listrik PLN prabayar atau token listrik dari setiap meteran listrik memiliki ambang batas. Batasan ini merupakan bentuk pencegahan dari PLN untuk menghindari penimbunan token PLN dan untuk mengatur penggunaan listrik secara nasional.

Batasan PLN dalam pembelian token listrik dibatasi dalam 1 bulan adalah 720 jam. Jadi, apabila pelanggan yang melakukan pembelian token yang sudah melewati batas 720 jam di atas, maka transaksi akan ditolak atau gagal.

Untuk menghitung batas maksimal pembelian setiap bulannya adalah sebagai berikut:

Batas Maksimum KWh = 
720 jam x Golongan Daya
Harga Maksimum Pembelian = 
Batas Maksimum KWh x Harga KWh

Misalkan anda memiliki golongan daya 1.300va, maka:

Batas Maks. KWh = 720 x (1.300/1.000) = 936 KWh

Untuk konversi ke Harga KWh anda harus melihat tabel harga KWh per tarif/daya terlebih dahulu untuk mendapatkan harga Rupiah per KWh.

 

Akumulasi pembelian token dalam satu bulan di hitung mulai tanggal 1 awal bulan. Jadi apabila misal anda sudah melakukan pembelian token sesuai batas yang ditentukan di atas, namun pada tanggal 25 ternyata meteran anda sudah kehabisan listrik, maka konsekuensinya rumah Anda akan menjadi gelap-gulita dan harus menunggu hingga tanggal 1 bulan berikutnya untuk bisa melakukan pembelian token listrik kembali.